Takjil

Puasa adalah salah satu tradisi sakral bagi umat Muslim di Indonesia. Selain sebagai wujud ibadah, bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk bersama-sama menikmati takjil, hidangan yang penyajiannya itu untuk berbuka puasa. Dalam artikel ini, Tradisi Kuliner akan menjelajahi 10 takjil yang paling menarik minat dan sering jadi favorit selama bulan puasa di Indonesia.

Takjil

1. Es Buah

Takjil pertama yang tak pernah absen dari meja berbuka puasa adalah es buah. Segar dan menyehatkan, es buah terdiri dari berbagai potongan buah-buahan seperti semangka, melon, anggur, dan jeruk yang di sajikan dalam siraman sirup kental dan es serut.

2. Kolak

Kolak adalah hidangan manis yang terbuat dari campuran pisang, ubi, biji salak, dan kadang-kadang juga kacang hijau, di rebus dalam santan dan gula merah. Rasa manis dan legit dari gula merah memberikan sensasi yang memanjakan lidah.

3. Es Campur

Es campur adalah takjil yang terdiri dari campuran berbagai bahan seperti nata de coco, agar-agar, cincau, biji selasih, dan potongan buah-buahan yang di sajikan dalam siraman santan dan sirup gula. Kelezatan dan keanekaragaman bahan membuat es campur selalu menjadi pilihan favorit.

4. Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah bubur yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan dan gula merah. Hidangan ini sering dihidangkan dengan taburan ketan hitam yang memberikan sensasi kenyal dan manis saat dinikmati.

5. Dadar Gulung

Dadar gulung adalah sejenis kue dadar yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan yang kemudian di gulung dengan isian kelapa parut dan juga campuran gula merah. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas membuat dadar gulung selalu menjadi favorit di meja berbuka puasa.

6. Kurma

Kurma adalah buah yang menjadi simbol bulan suci Ramadhan. Buah yang kaya akan nutrisi ini sering di jadikan takjil karena kandungan gulanya yang alami dan rasanya yang manis.

7. Kolak Pisang

Selain kolak campur, kolak pisang juga sangat populer sebagai takjil berbuka puasa. Pisang yang di masak dengan santan dan gula merah menghasilkan hidangan yang lezat dan mengenyangkan.

8. Es Teh Manis

Es teh manis adalah minuman yang tak pernah absen di meja berbuka puasa. Rasa manis dan segar dari teh yang dingin sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus.

9. Martabak Manis

Martabak manis adalah penganan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dipanggang dan kemudian dioles dengan campuran gula dan margarin. Tersedia dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, kacang, keju, dan masih banyak lagi.

10. Es Cincau

Es cincau adalah minuman yang terbuat dari agar-agar cincau yang terbuat dari potongan kecil-kecil dan dengan campuran santan dan gula merah cair. Rasanya yang segar dan teksturnya yang kenyal membuat es cincau menjadi takjil yang jadi favorit masyarakat Indonesia.

Dari es buah segar hingga es cincau yang kenyal, takjil-takjil di atas selalu berhasil menghadirkan kelezatan dan kenangan manis dalam setiap buka puasa di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi pembaca dalam memilih takjil yang ingin anda nikmati selama bulan suci Ramadhan.

By kuliner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner-slotogel